Home > @twitter_id / Bantuan > Menjaga Keamanan Akun Anda

Menjaga Keamanan Akun Anda


Menge-Tweet dengan Aman: Dasar-dasar
Kami ingin Twitter menjadi situs komunitas terbuka dan aman. Halaman bantuan ini menyediakan informasi dan kiat untuk membantu Anda menjaga keamanan akun dan menge-Tweet dengan aman. Berikut beberapa hal yang paling dasar:
Gunakan kata sandi yang kuat
·         Waspadalah terhadap tautan mencurigakan, dan selalu pastikan Anda berada di Twitter.com sebelum masuk.
·         Gunakan HTTPS untuk meningkatkan keamanan.
·         Jangan pernah berikan nama pengguna dan kata sandi Anda kepada pihak ketiga yang tidak dapat dipercaya, terutama mereka yang menjanjikan Anda untuk mendapatkan banyak pengikut atau uang. Pastikan komputer dan sistem operasi Anda terkini dengan tambalan (Inggris: patch), pembaruan, dan perangkat lunak anti-virus yang paling baru.

Kami berusaha meningkatkan respons terhadap ancaman keamanan, namun terkadang akun pengguna dan komputer dapat disalahgunakan oleh penipu, hacker, atau virus. Jika Anda merasa akun Anda telah disalahgunakan, silakan kunjungi halaman bantuan (Bahasa Inggris) untuk akun yang disalahgunakan untuk segera menemukan cara mengatasinya!

Anda dapat melindungi akun Anda dengan mengikuti langkah-langkah preventif di bawah ini.

Gunakan Kata Sandi yang Kuat dan Unik
Saat Anda membuat akun, pastikan Anda menggunakan kata sandi yang kuat (sedikitnya 10 karakter yang memuat huruf kapital dan huruf kecil, angka, dan simbol). Kami sangat menyarankan Anda untuk menggunakan kata sandi yang unik di setiap situs web yang Anda gunakan; jadi, jika salah satu akun disalahgunakan, yang lainnya tetap aman. Untuk informasi lebih lanjut mengenai cara memilih kata sandi yang aman, lihat kiat kata sandi dari Google ini (Bahasa Inggris).

Selain itu, gunakan alamat email pribadi yang aman untuk dikaitkan dengan akun Twitter Anda. Jika Anda lupa kata sandi, Anda dapat dikirimkan pentunjuk pengaturan ulang kata sandi ke alamat email tersebut.

Selalu Periksa Bahwa Anda Berada di Twitter.com Sebelum Masuk
Pengelabuan (Inggris: phishing) adalah saat di mana seseorang mencoba untuk menipu dengan meminta nama pengguna dan kata sandi kepada Anda, biasanya agar mereka dapat mengirim spam ke semua pengikut Anda melalui akun Anda. Seringnya, mereka akan mencoba mengelabui Anda melalui sebuah tautan yang akan mengarahkan Anda ke halaman masuk palsu.
Waspadai tautan mencurigakan di PL: Berhati-hatilah saat mengklik tautan aneh di PL, walaupun tautan itu dikirimkan oleh teman, karena mungkin saja akun mereka disalahgunakan dan URL itu sebenarnya dikirimkan oleh spammer.
Pastikan Anda di Twitter.com sebelum masuk: Saat Anda diminta untuk memasukkan kata sandi Twitter Anda, lihat URL-nya dan pastikan Anda benar-benar berada di Twitter.com.

Anda dapat menemukan URL di bilah alamat peramban Anda. Domain Twitter akan selalu menggunakan http://twitter.com/ sebagai domain dasar. Berikut beberapa contoh halaman masuk Twitter:
·         https://twitter.com/
·         https://twitter.com/login
Situs web phishing akan terlihat seperti halaman masuk Twitter, tapi sebenarnya hanya merupakan situs web yang bukan Twitter. Berikut beberapa contoh URL yang BUKAN merupakan halaman Twitter:

Jika Anda merasa akun Anda telah di-phishing, ubah kata sandi Anda secepatnya dan kunjungi halaman bantuan (Bahasa Inggris) untuk akun yang disalahgunakan ini.
Langsung masuk ke Twitter.com jika Anda tidak yakin: Jika Anda tidak yakin dengan sebuah situs web, ketikkan saja Twitter.com di bilah peramban Anda, tekan enter, dan Anda akan langsung masuk melalui beranda.

Gunakan HTTPS untuk Meningkatkan Keamanan
Untuk menyalakan HTTPS, kunjungi halaman pengaturan akun Anda dan centang kotak di samping “Selalu gunakan HTTPS,” yang ada di paling bawah halaman. Ini akan meningkatkan keamanan akun Anda dan melindungi informasi saat Anda menggunakan Twitter melalui koneksi internet yang tidak aman, seperti jaringan WiFi umum, di mana seseorang dapat mengintai aktivitas situs Anda. Kami berharap HTTPS menjadi pengaturan bawaan di masa yang akan datang.

Kami Tidak Pernah Menghubungi Anda untuk Meminta Kata Sandi
Twitter tidak pernah meminta Anda untuk memberikan kata sandi melalui email, pesan langsung, atau @balasan.
Kami tidak akan pernah meminta Anda untuk mengunduh sesuatu atau masuk melalui situs web yang bukan Twitter. Jangan pernah buka lampiran atau pasang perangkat lunak apa pun dari email yang mengaku kami; itu bukan kami.
Jika Anda curiga akun Anda telah di-phishing atau di-hack, kami dapat mengatur ulang kata sandi Anda untuk mencegah hacker menyalahgunakan akun Anda. Dalam hal ini, kami akan mengirimkan email kepada Anda untuk mengatur ulang kata sandi. Sekali lagi, tautan ini akan berada di situs http://twitter.com/, dan kami tidak akan pernah meminta Anda untuk memberikan kata sandi melalui email, pesan langsung, atau @balasan.
Jika Anda lupa kata sandi Anda, Anda dapat mengatur ulang kata sandi sendiri melalui tautan ini.
Kiat: Jika Anda mendapat email pengaturan ulang kata sandi yang tidak Anda minta, Anda dapat memverifikasikan ponsel (Bahasa Inggris) dengan akun Anda untuk mencegah pengguna lain salah mengetikkan nama pengguna Anda di formulir pengaturan ulang kata sandi kami. Kami selalu meminta konfirmasi nomor ponsel sebelum mengirimkan email pengaturan ulang kata sandi.

Mengevaluasi Tautan di Twitter
Banyak tautan yang dibagikan di Twitter dan banyak di antaranya yang dikirimkan melalui pemendek URL. Pemendek URL, seperti bit.ly atau TinyURL, membuat tautan unik dan pendek untuk mengarahkan Anda ke tautan yang lebih panjang sehingga menjadi lebih mudah dibagikan. Pemendek URL juga dapat mengaburkan domain akhir, membuat sulit diketahui tautan tersebut akan mengarah ke mana.

Beberapa peramban mempunyai plug-in gratis yang akan menampilkan URL lengkap tanpa perlu Anda mengkliknya. Berikut beberapa tautan plug-in untuk Internet Explorer dan Firefox (yang dapat diunduh gratis):
·         Pembentang URL untuk Internet Explorer
·         Pembentang URL untuk Firefox
Secara umum, berhati-hatilah saat mengklik tautan. Jika Anda mengklik tautan dan tiba-tiba Anda masuk ke halaman yang menyerupai halaman masuk Twitter, jangan masukkan nama pengguna dan kata sandi Anda! Cukup ketikkan Twitter.com di bilah peramban Anda untuk masuk langsung ke beranda Twitter.

Pastikan Komputer dan Peramban Anda Tetap Terkini dan Bebas Virus
Perbarui peramban dan Sistem Operasi Anda dengan versi dan tambalan yang paling baru; tambalan sering dirilis untuk mengatasi ancaman keamanan tertentu. Pastikan juga untuk memindai virus, peranti mata-mata, dan peranti iklan di komputer Anda secara rutin.
Jika Anda menggunakan komputer publik, seperti di perpustakaan atau di sekolah, pastikan untuk selalu keluar dari Twitter saat Anda telah selesai (tautan “Keluar” ada di pojok kanan atas situs).

Bantu Teman atau Pengikut Anda
Jika Anda mendapat tautan aneh yang akan mengarah ke situs phishing atau spam dari pengikut Anda, beri tahu dan sarankan mereka untuk segera mengganti kata sandi. Anda juga dapat mengirimkan mereka halaman bantuan (Bahasa Inggris) untuk akun yang disalahgunakan agar mereka mendapatkan informasi lebih lanjut.

Pilih Aplikasi Pihak Ketiga dengan Hati-hati
Banyak program dan aplikasi pihak ketiga yang dapat Anda gunakan dengan akun Twitter. Aplikasi-aplikasi tersebut dibuat di platform Twitter oleh pengembang eksternal dan membiarkan Anda untuk melakukan berbagai hal dengan akun Anda. Berhati-hatilah sebelum memberikan kontrol akun Anda kepada orang lain.
Ada dua cara untuk memberikan akses aplikasi ke akun Anda. Pertama, protokol aman yang disebut OAuth. Ini adalah metode koneksi yang kami rekomendasikan karena Anda tidak perlu memberikan nama pengguna dan kata sandi. Cara lainnya yang membutuhkan nama pengguna dan kata sandi Twitter Anda disebut Otentikasi Dasar. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang OAuth dan Otentikasi Dasar di halaman bantuan menghubungkan ke aplikasi pihak ketiga.
Anda harus sangat berhati-hati saat diminta untuk memberikan nama pengguna dan kata sandi Anda untuk sebuah aplikasi atau situs web. Saat Anda memberikan nama pengguna dan kata sandi Anda ke orang lain, mereka memiliki kontrol penuh atas akun Anda dan dapat mencegah Anda untuk masuk atau melakukan hal-hal yang dapat menyebabkan akun Anda ditangguhkan. Berhati-hatilah terhadap aplikasi apa pun yang menjanjikan Anda uang atau banyak pengikut.

Beberapa aplikasi terpercaya akan menanyakan nama pengguna dan kata sandi Anda. Ini meliputi aplikasi terpasang yang Anda gunakan untuk menge-Tweet dari desktop atau ponsel. Tinjau aplikasi tersebut secara menyeluruh sebelum Anda memberikan akses akun.
Cabut akses aplikasi pihak ketiga apa pun yang tidak Anda kenali dengan mengunjungi Tab aplikasi di Pengaturan Akun.

Cari tahu lebih lanjut!
Ikuti akun resmi spam kami, @spam, dan akun resmi untuk pembaruan dari tim Kepercayaan dan Keamanan, @safety. Kami memberikan informasi mengenai ancaman keamanan dan kiat menjaga keamanan akun Anda di akun tersebut.

Diterjemahkan oleh @sty. Sumber Asli (Bahasa Inggris/English): https://support.twitter.com/articles/76036

About these ads
Categories: @twitter_id / Bantuan
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: