Home > @twitter_id / Bantuan > Kiat-kiat untuk Remaja

Kiat-kiat untuk Remaja


Twitter adalah salah satu pelantar komunikasi yang dapat mengantarkan Anda ke hal-hal yang Anda minati lebih dekat. Informasi-informasi yang ada di Twitter disebut Tweet. Setiap tweet terdiri dari 140 karakter. Anda dapat melihat foto, video, berita, mendapat tautan, atau bergabung dalam percakapan di sebuah Tweet. Untuk lebih lanjut, silakan kunjungi halaman bantuan Dasar-dasar Twitter.
Twitter adalah salah satu cara yang menyenangkan agar tetap terhubung dengan hal-hal yang menarik bagi Anda. Namun, perlu disadari bahwa ada saja kemungkinan yang dapat terjadi berkaitan dengan masalah keamanan. Berikut beberapa kiat untuk membantu Anda mendapatkan pengalaman yang positif di Twitter.

Yang dapat Anda lakukan:

  • Berpikir sebelum menge-Tweet
  • Jangan bagikan akun Anda
  • Hormati orang lain
  • Jaga keseimbangan hidup sehat
  • Blokir dan abaikan

Jika Terus Berlanjut:

  • Ceritakan
  • Laporkan pelanggaran
  • Bicarakan dengan seseorang yang berwenang

Yang dapat Anda lakukan:

Berpikir sebelum menge-Tweet

Informasi yang Anda tulis di Twitter tersedia untuk umum, jadi Tweet Anda bisa dibaca oleh seseorang yang tidak Anda inginkan, atau disebar ke situs web lain. Walaupun Anda dapat menghapus sebuah Tweet, seseorang dapat menyimpan atau menyebarkannya sebelum dihapus oleh Anda.

Anda dapat melindungi Tweet Anda sehingga hanya pengikut yang Anda setujui yang dapat melihatnya. Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai akun publik dan dilindungi, lihat artikel ini Akun Publik dan Dilindungi di Twitter (Bahasa Inggris). Meskipun Tweet Anda telah dilindungi, tetaplah waspada dengan orang-orang yang dapat melihat akun Anda.

Harap diingat bahwa setiap kali Anda menulis sesuatu di Internet, sangat tidak mungkin bagi Anda untuk menghapus sebelum orang lain melihatnya. Tanyakan kepada diri Anda sendiri, “Apakah Anda akan mengutarakan hal yang sama kepada orang tua, guru, kepala sekolah, atau bos Anda secara langsung?” Jika jawabannya “tidak”, pertimbangkan kembali apakah Anda harus menge-Tweet hal tersebut.

Jangan bagikan akun Anda

Jika Anda membagikan nama pengguna dan kata sandi Anda ke orang lain, orang tersebut dapat menulis Tweet yang seolah-olah itu Anda, atau mengganti kata sandi dan email akun Anda sehingga Anda tidak dapat mengaksesnya lagi. Gunakan kata sandi yang kuat dan jangan pernah beritahukan kepada orang lain. Hal yang sama juga berlaku untuk email Anda atau akun online lainnya.

Hormati orang lain

Hindari terlibat pertengkaran atau konfrontasi dengan orang lain secara online. Ingat bahwa mereka pun boleh mengutarakan opininya, sama seperti Anda. Anda boleh berdiskusi jika Anda tidak setuju dengan pendapat seseorang—tapi jika situasi memanas, terus berargumen tidak akan mengubah pikiran orang tersebut.

Jangan tanggapi orang yang mengusik dan jangan mengusik. Jika seseorang menulis sesuatu tentang Anda dan Anda tidak menyukainya, mintalah ia untuk menghapusnya. Begitu pula, jika Anda mengirim foto atau informasi tentang orang lain dan ia meminta Anda untuk menghapusnya, hargai privasinya dan jaga kepercayaan yang telah ia berikan kepada Anda dengan menghapusnya. Baca artikel Bantuan Twitter ini (Bahasa Inggris) untuk mempelajari bagaimana cara menghapus sebuah Tweet.

Jaga keseimbangan hidup sehat

Terlepas dari seberapa positifnya pengalaman onlineAnda, ingat bahwa ada dunia di luar komputer Anda. Meskipun Twitter dapat membawa Anda ke hal-hal yang penting bagi Anda lebih dekat, kegiatan online Anda harus membuat kehidupan offline Anda lebih baik, bukan menggantikannya.

Blokir dan abaikan

Jika Anda menerima Tweet yang menyinggung, respon yang paling tepat adalah dengan memblokir penggunanya atau mengabaikan komentarnya. Jika Anda tidak menanggapi, mereka tidak akan tertarik lagi dan berhenti mengganggu Anda. Artikel Bantuan Twitter ini memberi tahu cara memblokir pengguna orang lain.

Jika Anda digertak secara online sebagai tindak lanjutan dari Anda digertak saat offline, beri tahu orang dewasa yang Anda percayakan atau laporkan aksi tersebut ke pihak yang berwajib. Jika Anda tidak yakin dengan siapa Anda harus bicara, Stop Bullying adalah salah satu situs web yang dapat bermanfaat untuk Anda.

Jika Terus Berlanjut:

Terkadang, hubungan atau interaksi online dapat mempengaruhi Anda saat offline. Jika Anda merasa tidak nyaman atau tidak aman dengan sesuatu yang terjadi saat online, penting bagi Anda untuk melakukan beberapa hal berikut:

Ceritakan

Saat berurusan dengan interaksi menyakitkan atau negatif, Anda dapat meminta saran dan dukungan dari saudara, orang tua, guru, atau orang lain yang Anda percayai. Sering kali, menceritakannya kepada orang tua atau teman dekat dapat membantu Anda menemukan cara untuk menangani situasi tersebut.

Namun, pilihan tersebut mungkin saja terbatas. Jika Anda tidak tahu harus dengan siapa berbicara mengenai hal-hal yang terjadi saat online, ada banyak sumber yang mungkin membantu, seperti:

Laporkan Pelanggaran

Pelajari Peraturan dan Kebijakan Twitter. Setelah meninjau kebijakan kami, jika Anda yakin ada sebuah akun yang melanggar peraturan kami, Anda atau anak Anda dapat mengirim laporan (Bahasa Inggris).

Twitter hanya menghapus profil yang melanggar Peraturan dan Persyaratan Layanan Twitter. Harap diingat bahwa Twitter lebih cenderung merupakan pelantarkomunikasi dari pada sebuah penyedia layanan dan kami tidak menengahi perselisihan di antara pengguna.

Bicarakan dengan seseorang yang berwenang

Ketika berurusan dengan seseorang yang melanggar peraturan, mengancam atau mungkin melecehkan Anda, ceritakan kepada seseorang yang dapat membantu Anda mengevaluasi situasi untuk menentukan langkah yang tepat. Orang tersebut bisa guru di sekolah, orang tua, saudara lebih tua, atau anggota keluarga lainnya. Atau mungkin juga pengacara.

Diterjemahkan oleh @sty. Sumber Asli (Bahasa Inggris/English): https://support.twitter.com/groups/33-report-abuse-or-policy-violations/topics/166-safety-center/articles/20169990-tips-for-teens#

Categories: @twitter_id / Bantuan
  1. September 3, 2012 at 1:08 pm

    terimakasih infonya menambah pengetahuan saya

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: